KARTU PETUNJUK CEPAT VIM

Pergerakan dasar h l k j . . . . . . . . . . . . . . . . ke kiri, kanan, ke atas, bawah b w . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ke awal kata/tanda kiri, kanan ge e . . . . . . . . . . . . . . . . . . ke akhir kata/tanda kiri, kanan { }. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .paragraf sebelum, berikutnya ( ). . . . . . . . . . . . .awal dari kalimat sebelum, berikutnya 0 gm . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . awal baris, tengah baris ^$ . . . . . karakter pertama, karakter terakhir dari baris nG ngg . . . . . . . . . . . . . ke baris n, kondisi akhir, pertama n% . . . . . . . . . . persentase n dari file(n harus ditentukan) n| . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . kolom n pada baris sekarang % . . . . . . . . cari tanda kurung berikutnya, tanda kurung, komentar, #define nH nL . . . . . . . . awal karakter n, mulai dari bawah layar M. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .ke tengah jendela/layar

Penyisipan & Penempatan → insert mode i a . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . sisip sebelum, setelah kursor I A . . . . . . . . . . . . . . . . . . . sisip pada awal, akhir dari baris gI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .sisip teks pada kolom pertama o O . . buka baris baru bawah, atas pada baris sekarang rc . . . . . . . . . . . . ganti karakter di bawah kursor dengan c grc . . . . . . . . seperti r, tapi tanpa mempengaruhi layout R . . . . . . ganti karakter-karakter permulaan pada kursor gR . . . . . . . . . seperti R, tapi tanpa mempengaruhi layout cm . . . . . . . . . . . ganti teks untuk pergerakan sebanyak m cc or S . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ganti baris yang sekarang C . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ganti ke akhir dari baris s . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ganti satu karakter dan sisipkan ~ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . tukar case dan kursor advance g~m . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . tukar case sebanyak m gum gUm . . . . . . . lowercase, uppercase teks sebanyak m <m >m . . . . . . . . . . . geser kiri, kanan, teks sebanyak m n<< n>> . . . . . . . . . . . geser sebanyak n baris kiri, kanan

Penghapusan x X . . . . . . . . . . . hapus karakter dibawah, sesudah kursor dm . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . hapus teks sebanyak m dd D . . . . . . . hapus baris saat ini, sampai ke akhir baris J gJ. . . . . . . .join baris saat ini selanjutnya, tanpa spasi :rd↩ . . . . . . . . . . . . . . . hapus dgn jarak sebanyak r baris :rdx↩ . . . . . hapus dgn jarak sebanyak r baris kedalam register x Mode insert ˆ Vc ˆ Vn . . . . . . sisip char c secara literal, nilai desimal n ˆ A . . . . . . . . . . . . . . menyisipkan inserted teks sebelumnya ˆ @. .sama sprt ˆ A dan hentikan sisip → command mode ˆ Rx ˆ Rˆ Rx … sisip isi register sebanyak x, secara literal ˆ N ˆ P . . . . . . . penyelesaian teks sebelum, sesudah kursor ˆ W . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . hapus kata sebelum kursor ˆ U … hapus semua karakter inserted pada baris saat ini ˆ D ˆ T . . . . . . . . . . . . . . . . geser kiri, kanan satu lebar geser ˆ Kc_{1}c_{2} or c_{1}←c_{2} . . . . . . . . . . . . . .masukkan digraph {c_{1}, c_{2}} ˆ Oc. . . . .eksekusi c pada command mode utk sementara ˆ Xˆ E ˆ Xˆ Y . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . gulung atas, bawah ⟨esc⟩ or ˆ [ . . . . . . . . . . . . . . pengabaian → command mode

Penyalinan

"x . gunakan register x untuk hapus berikutnya, ambil, letakan :reg↩ . . . . . . . . . . . . . . . . lihatkan isi dari semua register :reg x↩. . . . . . . . . . . . . . . . . . .lihatkan isi dari register x ym . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ambil teks sebanyak m yy or Y . . . . . ambil baris yang sekarang ke dalam register p P . . . . . letakan register setelah, sebelum posisi kursor ]p [p . . . . . . . . . . seperti p, P dengan pengaturan indent gp gP . . . . . seperti p, P tinggal kursor setelah teks baru

Penyisipan tingkat lanjut

g?m . . . . . . . . . . . melakukan rot13 encoding sebanyak m nˆ A nˆ X. . . . . . . . . . . . .+n, −n ke nomor dibawah kursor gqm . . . . . . . . . . . . . . format baris m untuk perbaiki lebar :rce w↩ . rata tengah baris dengan jarak r ke lebar w :rle i↩rata kiri baris dengan jarak r dengan indent i :rri w↩. .rata kanan baris dengan jarak r ke lebar w !mc↩ … saring baris of movement m sampai dengan c n!!c↩ . . . . . . . . . . . . . . . . saring n baris sampai dengan c :r!c↩ . . . . . . . . . . . saring jarak r baris sampai dengan c

Mode visual

v V ˆ V . mulai/berhenti menyoroti karakter, baris, blok o . . tukar posisi kursor memulainya dengan penyorotan gv . . . . . mulai penyorotan pada area visual sebelumnya aw as ap . . . . . . . . . pilih sebuah kata, kalimat, paragraf ab aB . . . . . . . . . . . pilih sebuah blok ( ), sebuah blok { } Membatalkan & perintah-perintah pengulangan uU. . . . . . . .batalkan perintah terakhir, kembalikan baris terakhir yang telah diubah . ˆ R . . . . . ulangi perubahan terakhir, lakukan lagi undo terakhir n. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ulangi perubahan terakhir n qc qC . . . . . . . catat, tambah typed karakter diregister c q . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . stop pencatatan @c . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . eksekusi isi dari register c @@ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ulangi perintah @ sebelumnya :@c↩…eksekusi register c sebagai sebuah Ex perintah :rg/p/c↩ . . . . . . . . eksekusi Ex perintah c pada jarak r

⌊ dimana pattern p cocok

Pergerakan kompleks

- + . . . . . . . . . baris atas/bawah karakter awal non-blank B W . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . spasi-kata terpisah kiri, kanan gE E . . . . . . . . . . . . . . akhir spasi-kata terpisah kiri, kanan n . . kebawah n − 1 baris pada karakter awal non-blank g0 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . permulaan dari screen baris g^g$ . . . . . . . . . . . awal, akhir karakter dari screen baris gk gj . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . screen baris ke atas, bawah fc Fc . . . . . . okurasi karakter c selanjutnya, sebelumnya tc Tc. . . . . .okurasi karakter c sebelum next, previous c ; , . . . . . ulangi fFtT terakhir, dengan arah berlawanan [[ ]]. . . . . . . . . . .awal dari section kebelakang, kedepan [] ][ . . . . . . . . . . akhir dari section kebelakang, kedepan [( ]) . . . . . . . . . . . . . . . unclosed (, ) kebelakang, kedepan [{ [} . . . . . . . . . . . . . . unclosed {, } kebelakang, kedepan [m ]m. . . . . .awal, akhir backward, forward metode java [# ]#.unclosed #if, #else, #endif backward, forward [* ]* . . . . . awal, akhir dari /* */ kebelakang, kedepan

Pencarian & penggantian

/s↩ ?s↩. . . . . . . . . . . . . . .cari depan, belakang untuk s /s/o↩ ?s?o↩ . . . . . . . . . cari depan, belakang s ofset o n or /↩ . . . . . . . . . . . . . ulangi pencarian kedepan terakhir N or?↩ . . . . . . . . . . ulangi pencarian kebelakang terakhir # * . . . . . cari kebelakang, kedepan kata dibawah kursor g# g*. . . . . . . . . . . . .sama, tapi cari sebagian yang cocok gd gD . . . . . . . defenisi lokal, global simbol bawah kursor :rs/f/t/x↩ . . . . . . . . . ganti f dengan t dengan jarak r

⌊ x : g—semua okurasi, c—konfirmasi perubahan :rs x↩ . . ulangi penggantian dengah r & x yang baru Spesial karakter pada pencarian pola/pattern . ˆ $ . . . . . . . karakter single apa saja, awal, akhir baris \< \> . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . awal, akhir kata [c_{1}-c_{2}]. . . . . . . . . . . .karakter tunggal dalam jarak c_{1}..c_{2} [ˆ c_{1}-c_{2}] . . . . . . . . . . karakter tunggal tidak dengan jarak \i \I. . . . . . . . . . . . .sebuah identifier, meniadakan digits \k \K . . . . . . . . . . . . . sebuah keyword, meniadakan digits \f \F. . . . . . . . . . . .sebuah nama file , meniadakan digits \p \P. …sebuah karakter printable, meniadakan digits \s \S . . . . . . . . . . . . . sebuah spasi putih, spasi non-putih \e \t \r \b . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ⟨esc⟩, ⟨tab⟩, ⟨↩⟩, ⟨←⟩ \= * \+ . . . . . . . cocokan 0..1, 0..∞, 1..∞ sebelum atom \| . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . memisahkan dua cabang (≡ or) \( \) . . . . . . . . . . . . . . . . kelompok pola dalam satu atom

Ofset dalam perintah pencarian n or +n. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .n baris kebawah di kolom 1 -n. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .n baris keatas di kolom 1 e+n e-n … n karakter kanan, kiri ke akhir pencocokan s+n s-n …. n karakter kanan, kiri ke awal pencocokan ;sc . . . . . . . . . eksekusi perintah pencarian sc berikutnya

Mapping key & singkatan :map c e↩ . . . . . . . . . map c ↦ e mode normal & visual :map! c e↩ . . . . . . . . map c ↦ e mode sisip & cmd-line :unmap c↩ :unmap! c↩. . . . . . . .hilangkan mapping c :mk f↩ … tulis mappings saat ini, settings... ke file f :ab c e↩ . . . . . . . . . . . . . tambah singkatan untuk c ↦ e :ab c↩ . . . . . . . . . . . . . . lihat singkatan diawali dengan c :una c↩ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . hilangkan singkatan c

Tags :ta t↩. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .lompat tag t :nta↩. . . . . . . . . . .lompat n^{th} tag yang baru dalam list ˆ ] ˆ T. . . . .lompat tag dibawah kursor, kembali dari tag :ts t↩list tag yang cocok dan pilih satu untuk lompat :tj t↩…lompat tag atau pilih satu jika banyak yang cocok :tags↩. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .cetak list tag :npo↩ :nˆ T↩ . . lompat kembali dari, ke n^{th} tag yang lama :tl↩ . . . . . . . . . . . . . . lompat ke tag terakhir yang cocok ˆ W} :pt t↩ . . . . . . . . melihat tag dibawah kursor, tag t ˆ W] . . . . . pisah jendela dan lihatkan tag dibawah kursor ˆ Wz or:pc↩ . . . . . . . . . . . . . . . . . tutup jendela preview tag Tanda dan gerakan mc … beri tanda pada posisi sekarang dengan c ∈ [a..Z] `c `C …lanjut tanda c posisi sekarang, C file apa saja `0..9 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . lanjut posisi exist terakhir `` `"…lanjut posisi sebelum lompat, pd edit terakhir `[ `] . . . . . . . . . . lanjut awal, akhir teks yg dioperasikan sebelumnya :marks↩ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . cetak list marks aktif :jumps↩. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .cetak jump list nˆ O . . . . . . . . . . . . . . lanjut ke n^{th} posisi lama di jump list nˆ I . . . . . . . . . . . . . . lanjut ke n^{th} posisi baru di jump list

Menggulung & multi-jendela

ˆ E ˆ Y . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . gulung baris atas, bawah ˆ D ˆ U . . . . . . . . . . . gulung setengah halaman atas, bawah ˆ F ˆ B . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . gulung halaman atas, bawah zt or z↩ . . . . . . . . . . . . . set baris sekarang di atas jendela zz or z. . . . . . . . . . . .set baris sekarang di tengah jendela zb or z- . . . . . . . . . . . . set baris sekarang di bawah jendela zh zl . . . . . . . . . . . . . gulung satu karakter ke kanan, kiri zH zL . . . . . . . . . . . gulung setengah screen ke kanan, kiri ˆ Ws or:split↩ . . . . . . . . . . . . . pisah jendela menjadi dua ˆ Wn or:new↩ . . . . . . . . . . . . . . . . buat jendela kosong baru ˆ Wo or:on↩.buat jendela sekarang menjadi satu screen ˆ Wj ˆ Wk . . . . . . . . . . . . . pindahkan ke jendela bawah, atas ˆ Ww ˆ Wˆ W . . . . . pindahkan ke jendela bawah, atas (wrap)

Ex-Perintah (↩)

:e f . . . . . . . edit file f, kecuali perubahan telah terjadi :e! f . edit file f selalu (secara default reload current) :wn :wN . . . . . tulis file dan edit berikutnya, sebelumnya :n :N . . . . . . edit file dalam list berikutnya, sebelumnya :rw . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . tulis jarak r ke file sekarang :rw f . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .tulis jarak r ke file f :rw>>f . . . . . . . . . . . . . . . . menambahkan jarak r ke file f :q :q! . . . . . keluar dan konfirmasi, keluar dan abaikan perubahan :wq or:x or ZZ . . . . . . . . . . tulis ke file sekarang dan keluar ⟨up⟩ ⟨down⟩ . panggil kembali mulai dari yang sekarang :r f . . . . . . . . . . . . . . . . . .sisip isi dari file f bawah kursor :r! c . . . . . sisip keluaran dari perintah c bawah kursor :all . buka sebuah jendela untuk masing-masing file di list argument :args . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . lihatkan list argument Ex-jarak , ; pisah dua nomor baris, set menjadi baris pertama n . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . sebuah nomor baris absolut n . $ . . . . . . . . . . . . . . baris sekarang, akhir baris dalam file % * . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . semua file, area visual 't . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . posisi untuktanda t /p/ ?p? …. baris berikut, sebelumnya dimana p cocok +n -n. . . . . . . . . . . . .+n, −n ke nomor baris sebelumnya

Lain-lain

:sh↩ :!c↩ . . . . . mulai shell, eksekusi perintah c shell K . . . . . . . . melihat kata kunci bawah kursor dengan man :make↩mulai make, kesalahan membaca;loncat ke awal :cn↩ :cp↩ . . lihatkan kesalahan berikut, sebelumnya :cl↩ :cf↩list semua kesalahan, kesalahan membaca dari file ˆ L ˆ G . . . . . gambar ulang, lihatkan nama file dan posisi gˆ G . . . . . . . lihatkan kursor kolom, baris, posisi karakter ga . . lihatkan ASCII nilai dari karakter di bawah kursor gf. . . . . . . . . . . .buka file dimana nama file bawah kursor :redir>f↩ . . . . . . . . mengarah ulang keluaran ke file f ˆ @ ˆ K ˆ \ . . . . . . keys yg tidak digunakan, tersedia utk mapping

Kartu ini boleh di distribusikan secara bebas dibawah syaratsyarat dari GNU general public licence — Hak cipta ◯^{c} 2002 oleh Laurent Grégoire ⟨laurent.gregoire@icam.fr⟩ — v1.5 — Pemilik tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan pada kartu ini. Versi terakhir dapat diperoleh di

                                                                                                                        http://tnerual.eriogerg.free.fr/